Deteksi Kejujuran Lawan Bicara Anda…

Pernahkah anda merasa dibohongi oleh lawan bicara anda?  Pernahkah anda berbohong?  Saya yakin setiap orang pasti pernah dibohongi dan berbohong, apapun alasannya…. Namun bagaimana kita mengetahui bahwa seseorang sedang berbohong?? Sangatlah penting mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak, maraknya penipuan sekarang ini bukan semata karena seseorang tidak pintar namun lebih karena ia TIDAK TAHU bahwa telah menjadi korban ketidakjujuran lawan bicaranya dan TIDAK MENGETAHUI cara mendeteksi kebohongan seseorang.

Posting saya kali ini terilhami dari salah satu film serial  dari Amerika yang berjudul “Lie to Me” -bukan yang versi korea ya:) – yang sudah saya tonton berberapa kali, terus terang saya sudah merasa tertarik pada film ini sejak pertama kali menontonnya. Menariknya dari serial ini adalah bagaimana seorang Dr Cal Lightman bersama timnya menguak kebohongan dari mimik wajah, bahasa tubuh, gerakan spontan, dan tatapan mata seorang. Lebih dari itu, selain Lightman dapat mengetahui apakah seseorang itu berbohong atau tidak, ia juga dapat menguak misteri kasus-kasus besar, mulai dari pembunuhan, pemerkosaan, penculikan, dan lain sebagainya.  Sangat di rekomendasikan untuk penikmat film berkualitas.

Dr Paul Ekman the real-life Human Lie Detector

Film scientific crime story ini terinspirasi dari penemuan seorang psikolog yang menemukan ilmu untuk mendeteksi kebohongan, salah satu metode terkenalnya adalah melalui “Micro-Expressions”-nya Melalui Film Lie to Me ini Tim Roth(pemeran utama), sukses membawakan perannya dengan menggunakan ilmu “Micro-Expressions” untuk menguak kasus kriminal dan berperan sebagai Human Lie Detector  yang bekerja sama dengan Central Intelligence Agency (CIA), Departemen Pertahanan (DOD) Amerika. Dalam ulasan singkat ini saya mencoba memberikan informasi kepada Anda Bagamana Menjadi “Human Lie Detector”? agar dapat mendeteksi kebohongan lawan bicara kita.

Peringatan: kadang-kadang ketidaktahuan adalah kebahagiaan. Setelah memperoleh pengetahuan ini, Anda mungkin akan terluka saat mengetahui bahwa seseorang berbohong kepada Anda. Teknik-teknik deteksi kebohongan berikut digunakan oleh polisi, psikolog forensik, ahli keamanan dan peneliti lain.

Menurut Penelitian, tenyata hanya 7% komunikasi dapat berhasil disampaikan oleh bahasa verbal (lisan) dan 93% -nya adalah dari bahasa non-verbal (bahasa tubuh/body language), jadi jika anda mulai merasa curiga bahwa lawan bicara anda berkata bohong, maka mulailah memperhatikan bahasa tubuhnya karena mulut boleh berkata BOHONG tapi TIDAK dengan tubuh anda!! Ciri-ciri orang sedang berbohong : A. BODY LANGUAGE

  1. Ekspresi fisik akan terbatas dan kaku. Gerakan tangan, lengan dan kaki menunjukan ekspresi tubuh, seorang pembohong akan memilih untuk sedikit menggerakannya.
  2. Seoseorang yang sedang berbohong kepada Anda akan SEDIKIT dan MENGHINDARI kontak mata.
  3. Tangan menyentuh wajah, tenggorokan & mulut. Menyentuh atau menggaruk hidung atau di belakang telinganya.

B. EKSPRESI EMOSIONAL YANG TIDAK WAJAR

  1. Biasanya seorang pembohong akan selalu memikirkan kebohongan apa yang harus dia katakan, dan setelah itu kebohongan apa lagi yang harus di katakan untuk menutupi kebohongan yg telah di ucapkan sebelumnya sehingga ia juga akan memikirkan ekspresi wajah apa yang harus ia tunjukan kepada kita.  Namun tentu saja ekspressinya akan palsu alias terbatas/tidak normal dan terkesan dipaksakan.
  2. Ekspresi terbatas pada gerakan mulut ketika seseorang berpura-pura menunjukan emosinya (seperti senang, terkejut, kagum, sedih,,) bukannya seluruh wajah.  Sebagai contoh, ketika seseorang tersenyum secara alami seluruh wajah mereka terlibat: ada gerakan rahang / pipi, mata dan dahi menekan, dll.
  3. Gestures / ekspresi tidak sesuai dengan pernyataan verbal, seperti: mengerutkan kening ketika mengatakan “Aku mencintaimu.”

C.  INTERAKSI DAN REAKSI TUBUH

  1. Seorang pembohong akan tidak merasa nyaman menghadapi penanya dan akan memalingkan wajah atau merubah posisi duduknya agar tidak berhadapan langsung dengan penanya.
  2. Seorang pembohong akan secara tidak sadar meletakkan benda (buku, cangkir kopi, dll) antara dia dan Anda.
  3. Orang yang bersalah berbicara lebih dari apa yang seharusnya, ia akan mencoba menambahkan rincian yang tidak perlu untuk meyakinkan Anda … mereka tidak nyaman dengan keheningan dan jeda dalam percakapan.
  4. Jika Anda yakin seseorang berbohong, kemudian cobalah ganti topik pembicaraan dengan cepat, seorang pembohong akan menyukainya dan menaggapi topik baru anda dengan santai dan senyuman kecil di wajahnyai. Seseorang yang bersalah ingin subjek pembicaraan berubah dan  orang yang tidak bersalah mungkin akan bingung dan menolak perubahan topik pembicaraan yg mendadak dan ingin untuk segera kembali ke topik sebelumnya.

BAGAIMANA JIKA LAWAN BICARA ANDA SEPERTINYA SUDAH TERBIASA UNTUK BERBOHONG (PROFESSIONAL) dan Anda tidak menemukan ciri-ciri seperti yang telah di sebutkan di atas?? “MICRO-EXPRESSIONS” – inilah jawabannya… Micro-Expressions adalah ekspresi wajah yang muncul secara spontan yang secara tidak sadar ditunjukan seseorang yang tengah menutupi ekspresi yang seharusnya(normal/wajar), terjadi cepat,spontan dan tersembunyi. Secara Ringkas – ekspresi mikro dapat muncul kemudian hilang dari wajah dalam sepersekian detik. Dengan kata lain mikro-ekspresi terjadi begitu cepat, sehingga kebanyakan orang bahkan tidak memperhatikannya. Sebuah ekspresi-mikro disebabkan oleh gerakan yang tak terkendali pada otot wajah,  kita bisa mencoba untuk menutupi perasaan kita dengan senyuman, akan tetapi otot wajah kita tidak demikian dan kebanyakan orang tidak dapat mengendalikan otot-otot wajahnya ketika dipengaruhi oleh emosi mereka.

Ekspresi mikro umumnya dikelompokkan menjadi tujuh emosi universal : kemarahan (anger),  jijik(disgust), takut(fear),  sedih(sadness),  kebahagiaan(happiness),  kejutan(suprise), dan penghinaan(contempt). Semoga bermanfaat, jangan lupa komentarnya di bawah ya!! sumber :

  1. http://www.paulekman.com/about-ekman/
  2. http://www.fastcompany.com/1800709/paul-ekman-facial-emotional-measurement-microexpressions
  3. http://www.blifaloo.com/info/lies.php
  4. http://www.wired.com/dangerroom/2010/02/us-intel-wants-super-sensitive-human-lie-detectors/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s